Istilah, Tujuan, dan Manfaat Peternakan Secara Umum

Belajar Ternak, Istilah, Tujuan, dan Manfaat Peternakan Secara Umum - Pengertian Peternakan adalah suatu usaha mengembangbiakan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut.

Seperti halnya seseorang ingin mengembangbiakan hewan ternak karena bertujuan untuk di jual agar mendapatkan nilai ekonomi dari penjualan hewan ternak maupun hasilnya.

Contohnya seperti mengembangbiakan sapi potong untuk di ambil dagingnya, sapi perah untuk di ambil susu nya dan hewan ternak lainnya yang memiliki hasil yang bertujuan untuk mengambil hasil dari hewan ternaknya tersebut.

Belajar Ternak
Hal ini berbeda dengan membudidayakan, karena membudidayakan dalam bidang peternakan lebih condong terhadap hewan-hewan langka yang dilindungi agar tetap terjaga habitatnya seperti contohnya badak bercula satu yang di ambil cula nya sebagai bahan obat-obatan, kura-kura yang di ambil cangkangnya sebagai barang koleksi.

Dalam peternakan juga ada beberapa istilah yang harus di pahami oleh para peternak. Istilah-istilah Peternakan dalam undang-undang NO.18/2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan :

Istilah Dalam Peternakan Berdasarkan Undang-undang

  1. Peternak adalah seorang warga negara Indonesia atau perusahaan yang melakukan usaha peternakan.
  2. Hewan adalah makhluk hidup berupa binatang yang bersiklus seluruh atau sebagian hidupnya berada di daratan, perairan maupun di udara, baik yang di pelihara mauapun asli pada habitatnya.
  3. Hewan Peliharaan adalah hewan yang hampir seluruh kehidupannya bergantung kepada manusia dengan maksud dan tujuan tertentu.
  4. Ternak adalah hewan peliharaan yang hasil atau produknya yang dipergunakan sebagai hasil pangan, bahan baku industri, jasa atau hasil lainnya yang berhubungan dengan pertanian.
  5. Satwa Liar adalah makhluk hidup berupa binatang yang berpopulasi di daratan, perairan, atau udara yang bersifat liar, baik yang hidup bebas maupun dipelihara oleh manusia.
  6. Pakan adalah bahan makanan tunggal atau campuran, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diberikan kepada ternak untuk kelangsungan hidup, berproduksi, dan berkembang biak ternak tersebut.
  7. Bahan Pakan adalah bahan hasil pertanian, perikanan, peternakan, atau bahan lainnya yang layak dipergunakan sebagai pakan, baik yang telah diolah maupun yang belum diolah.
  8. Sumber Daya Genetik adalah material tumbuhan, binatang, ataupun jasad renik yang mengandung unit-unit yang bermanfaat sebagai pembawa sifat keturunan, baik yang bernilai aktual maupun potensial untuk menciptakan spesies baru.
  9. Benih Hewan (Benih) adalah bahan reproduksi hewan yang dapat berupa semen, sperma, ovarium, telur tertunas, dan embrio.
  10. Rumpun Hewan (Rumpun) adalah segolongan hewan dari suatu spesies yang memiliki ciri-ciri fenotipe yang khas dan dapat diwariskan pada keturunan selanjutnya.
  11. Produk Hewan adalah bahan produk yang berasal dari hewan yang masih segar dan atau telah diolah untuk keperluan konsumsi, farmakoseutika, pertanian, atau kegunaan lain yang berguna bagi pemenuhan kebutuhan manusia.
  12. Perusahaan Peternakan adalah orang perorangan atau perusahaan, baik yang berbentuk badan hukum maupun yang bukan badan hukum, yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mengelola.
  13. Inseminasi Buatan adalah sebuah teknik memasukkan sperma atau semen ke dalam alat reproduksi ternak betina sehat untuk dapat membuahi sel telur dengan menggunakan alat inseminasi dengan tujuan agar ternak bunting.
  14. Dokter Hewan adalah orang yang memiliki profesi di bidang kedokteran hewan, sertifikat kompetensi, dan kewenangan medik veteriner dalam melaksanakan pelayanan kesehatan hewan.
  15. Veteriner adalah segala urusan yang berkaitan dengan hewan dan penyakit hewan.
  16. Zoonosis adalah penyakit yang dapat menular dari hewan kepada manusia atau sebaliknya.
Setelah membahas mengenai beberapa istilah yang ada dalam peternakan, kami akan menjelaskan tentang tujuan dari Peternakan.

Tujuan Peternakan

Tujuan Peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan yang ada dalam prinsip manajemen dan prinsip produksi untuk mendapatkan keuntungan.

Tujuan Peternakan secara umum memang ditujukan untuk suatu hal Komersil. Keuntungan adalah hal yang anda inginkan dari peternakan, sehingga anda harus mengelolanya dengan baik dari segi ternak maupun ekonomi.

Manfaat Peternakan

Selain berorientasi dengan tujuan yang kita inginkan, peternakan juga harus memberikan manfaat bagi anda. Manajemen pemeliharaan hewan ternak diperlukan sebagai upaya untuk dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi pemilik peternakan.

Sebagian besar manfaat peternakan adalah untuk di ambil Daging, Susu, Bibit/Telur, serta manfaat lain seperti pupuk hingga kulit dan bulu.

Dalam manajemen pemeliharaan ternak terdapat beberapa hal yang dipelajari, antara lain :

Seleksi bibit, papan, kandang, Sistem perkawinan, kesehatan hewan, Tata Laksana pemeliharaan dan pemasaran.

Pakan yang berkualitas baik atau mengandung gizi yang cukup akan berpengaruh baik terhadap hewan ternak yang kita miliki yaitu hewan dapat tumbuh sehat, cepat gemuk, berkembangbiak dengan baik, jumlah ternak yang mati atau sakit akan berkurang, serta jumlah anak yang lahir dan hidup sampai disapih meningkat.

Singkatnya, pakan dapat menentukan kualitas ternak. Selain itu berdasarkan penelitian, hasil dari kualitas pupuk dari ternak potong dengan ternak perah berbeda.

Ternak yang diberi makanan bermutu (seperti ternak perah) akan menghasilkan pupuk yang berkualitas baik, sebaliknya ternak yang makanannya kurang baik juga akan menghasilkan pupuk yang kualitasnya rendah.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai Istilah, Tujuan, dan Manfaat Peternakan Secara Umum. Semoga artikel yang kami buat dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam Belajar Ternak!

0 Response to "Istilah, Tujuan, dan Manfaat Peternakan Secara Umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel